Artikel

project

Pendidikan Ketarunaan untuk mengembangkan karakter peserta didik di sekolah

Posted by RUDIWIYONO,S.PD IDL 2017 - Solo Posted at 24 Apr 2018 07:15:26 602 0


Pendidikan Karakter dan Kebangsaan adalah sistem pendidikan di beberapa Perguruan tinggi, SMA, dan SMK. Pendidikan Karakter dan Kebangsaan memiliki arti sebagai sistem pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip semi militer yang bertujuan untuk Membentuk Karakter siswa dan menanamkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tentu saja prinsip militer yang diterapkan bukanlah militer murni melainkan dengan adanya Latihan Dasar Karakter dan Kebangsaan

c-ketarunaan.jpg

Membangun karakter, merupakan proses yang berlangsung seumur hidup. Anak-anak, akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter jika ia tumbuh pada lingkungan yang berkarakter pula. Dengan begitu, fitrah setiap anak yang dilahirkan suci bisa berkembang optimal.Oleh karenanya ada tiga pihak yang mempunyai peran penting yaitu, keluarga, sekolah, dan komunitas.

Anak mampu melakukan kebajikan, dan terbiasa melakukannya serta berpenampilan sigap, energik dan berkarakter kuat. Lewat proses sembilan pilar karakter yang penting ditanamkan pada anak. Ia memulainya dari :

1. Cinta Tuhan dan alam semesta beserta isinya;

2.Tanggung jawab, kedisiplinan, dan kemandirian;

3. Kejujuran;

4. Hormat dan santun;

5. Kasih sayang, kepedulian, dan kerja sama;

6. Percaya diri, kreatif, kerja keras, dan pantang menyerah;

7. Keadilan dan kepemimpinan;

8. Baik dan rendah hati;

9. Toleransi, cinta damai, dan persatuan.

Dalam Rangka Peningkatan Karakter peserta didik yang berdasar pada :

1. UU nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,

2. Permendiknas nomor 22/2006 tentang Standar Isi,

3. Permendiknas nomor 23/2006 tentang SKL,

4. Inpres nomor 1/2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010 memerintahkan pengembangan karakter peserta didik melalui pendidikan di sekolah.

Di beberapa sekolah mengadakan Pendidikan Ketarunaan sebagai bentuk Peningkatan Karakter Siswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan lulusan yang terbiasa melakukan kebajikan, sigap, energik dan berkarakter kuat selain itu juga humanis religius. Kegiatan Penddikan Ketarunaan dilaksanakan pada selama  1 pekan bertempat di sekolah masing-masing atau di luar sekolah dengan instruktur dari Kodim dengan tujuan utama untuk melatih kedisplinan. Siswa dilatih untuk disiplin waktu dalam hal datang dan pulang saat kegiatan ketarunaan, disamping dilatih untuk pendidikan karakter yang lain misalnya percaya diri, jujur, dan lain sebagainya.

 

Sebagai salah satu usaha untuk pengembangan karakter peserta didik, program pendidikan Karakter dan Kebangsaan ini sudah selayaknya diikuti oleh sekolah yang lain. Selama kegiatan, siswa dilatih bagaimana cara untuk disiplin, percaya diri, jujur, dan lain sebagainya sehingga diharapkan setelah selesai kegiatan ketarunaan ini siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.  


Share this:


Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.

Please wait...