Artikel

project

Memaksimalkan Website Sekolah Dengan G-Suite

Posted by Gusik Prasetyo Nugroho - IDL 2017 BANDA ACEH Posted at 2 Jun 2018 11:09:51 206 0


c-google%20apps%20free.jpg

Sekarang di era digital, hampir setiap sekolah sudah mempunyai website. Sayangnya masih sedikit yang memaksimalkan website sekolah. Rata-rata website sekolah hanya berisi tentang profil, informasi, pengumuman seputar sekolah. Padahal sebenarnya bisa dimaksimalkan lagi. Diantaranya adalah bekerjasama dengan Google untuk mendapatkan Google Suite (G-Suite) dan atau bisa juga dengan Microsoft dengan Office 365 For Education. Apakah ada biayanya? Tenang saja, untuk pendidikan, Google dan Microsoft tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis. Syarat utamanya adalah sekolah mempunyai website dengan domain .sch.id.

G-Suite atau dulu yang dikenal dengan Google Apps For Education (GAFE) adalah sekumpulan aplikasi dari Google yang di khususkan untuk dunia pendidikan. Proses belajar mengajarpun bisa dilakukan secara online. Kapanpun dan dimanapun, selama ada akses internet, kita bisa belajar.

Dengan bergabungnya sekolah di G-Suite  kita akan mendapatkan berbagai layanan dari Google sekaligus. Adapun layanan G-Suite  meliputi:

Gmail: Siapa sih yang tidak kenal dengan gmail? Ya sebuah layanan email dari Google. Siswa bisa mengirimkan pesan atau informasi dengan cepat dan mudah, langsung dari akun masing-masing. Keuntungan lainnya adalah email kita terasa email resmi karena menggunakan nama sekolah. Misalkan saja: gusik.guru@paba-binjai.sch.id

Drive: Media penyimpanan awan dari Google. Jadi kita tidak perlu kemana-mana membawa flashdisk, cukup mengunggah file ke Google Drive dan kita bisa membukanya dimana saja. Selain itu kita bisa berbagi file dengan mudah. Kapasitasnya pun spesial, yakni tanpa batas. Bandingkan dengan akun biasa yang hanya dibatasi 15 GB.

Classroom: Dengan Google classrom, kita para guru dapat membuat kelas online kemudian mengadakan ulangan, kuis, ataupun diskusi layaknya dikelas nyata. Hasilnya pun bisa langsung diketahui. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Classroom, bisa klik disini .

Docs: Memungkinkan guru dan siswa bekerjasama secara online dalam pembuatan dokumen dalam berbagai format diantaranya docs, sheet, slide.

Sites: Guru ataupun siswa dapat membuat website yang berkualitas dan dapat digunakan untuk berbagi informasi baik berupa teks, video, atau file.

Calendar: Siswa dapat mengatur jadwal berbagai kegiatan kemudian berbagi dengan siswa lain.

Hangouts: Kita bisa bertatap muka dengan siswa secara realtime meskipun terpisahkan jarak. Ya, hangouts adalah fasilitas untuk video konferensi dari Google.

Itulah beberapa aplikasi dari Google yang bisa kita manfaatkan untuk dunia pendidikan. Apabila bapak/ibu guru ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai G-Suite  bisa klik disini .

Menurut saya, sangat disayangkan dengan adanya fasilitas canggih dari Google untuk dunia pendidikan tetapi tidak kita manfaatkan dengan maksimal. Apabila ada pertanyaan seputar G-Suite , silahkan menuliskan di kolom komentar dibawah ini, dengan senang hati saya akan membantu Anda.

c-193gb.jpg

Contoh penggunaan Drive di GAFE, bisa menyimpan unlimited. Sudah terpakai 193,9 GB. Bandingkan dengan akun biasa hanya 15 GB.


Share this:


Ada 1 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.

Please wait...