Artikel

project

DUNIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN

Posted by TRIYANTO Posted at 12 Agt 2018 19:46:25 24 0


Oleh:  TRIYANTO

Guru SDN Jatisari, Sawahan, Ponjong,Gunungkidul, DIY.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK) yang begitu cepat melahirkan era baru dalam pendidikan. Pembelajaran abad 21 memaksa para guru lebih kreatif dan inovatif dalam memaksimalkan peran TIK dalam pembelajaran. Metode pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Komuikasi (TIK) sati ini mulai banyak dikembangkan. Hal ini terjadi karena sejalan dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta tutuntutan dalama dunia pendidikan agar pembelajaran semaikin maju dan mudah dipahami oleh siswa agar lebih efisien, efektif dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan maksimal.

Mendayagunakan (TIK) disekolah merupaka salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan TIK untuk mengoptimalkan tujua pembelajaran adalah hal yang lebih bermanfaat. Salah satu tugas guru yang tidak kala penting adala mencari dan menentukan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam pengetahuan sosial, mencari dan menentukan sumber belajar sebagai bahan ajar yang sangat dinamis. Dengan media pembelajaran membuka kesempatan belajar yang sangat baik terutama bagi siswa secara individual lamban dalam kemampuan membacanya. Pada kenyataanya media yang ada disekolah bermacam-macam ada yang lengkap tetapi ada juga yang minim terbatas, jika minim dan bahkan tidak tesedia maka media sederhana tetapi apabila sarana prasrana mendukung maka akan sangan lebih bermakna dan lebih bermanfaat apabila guru membuat media berbasis Teknologi Infoemasi dan Komunikasi (TIK), bisa menggunakan aplikasi AdopFlash, Power Point, Video Scribe dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang berbasis TIK yang bisa dikembangkan untuk pembelajaran, sehingga pembelajaran lebih bervariasi dan menyenangkan yang akan berpengaruh pada hasil belajar.

Media peganjaran dapat mempertinggi proses belajar mengajar dan membangkitkan motivasi dan rangsangan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh pisikologi terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu proses pembelajaran dan penyampaina pesan pada saat itu. Media pembelajaran dalam  proses pembelajarn sangat membantu sekali selian dapat membangkitkan minat dan motivas belajar siswa, medi pembelajaran juga dapat memingkatkan pemahaman satu konsep, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan dalam menafsirkan data sehingga nantinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang maksimal.

Hasil belajar peserta didik tidak terlepas dari berbagai factor yang mempengaruhinya, baik factor yang bersifat internal maupun eksternal. Perkembangan TIK sebagai factor eksternal turut berpengarus terhadap proses belajar peserta didik. Peserta didik lebih tertarik pada perkembangan teknologi informasi saat ini. Peserta didik cenderung mencari jawaban dan eksplorasi materi-materi yang tidak mereka pahami melalui cara praktis yang berhubungan dengan akses internet. Hal ini dilakukan karena dengan akses internet peserta didik bisa menyelesaikan tugas dan mempelajari sesuatu lebih mudah dan menarik. Gejala seperti iniharus disikapi oleh guru dengan sikap yang positif dan kreatif. Guru yang tidak tanggap terhadap perubahan pola pembelajaran peserta didik seperti ini akan semakin tergeser perannya oeh perkembangan teknologi informasi khususnya internet.

Peran guru dalam upaya membantu pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran dapat ditunjukan melalui penerapan berbagai metode mengajar yang dilakukannya, baik dikelas maupun diluar kelas. Penggunaan metode harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik yang bervariatif, terkadang mengharuskan seseorang guru mengganti metode mengajarnya. Evaluasi metode pembelajaran dilakukan selama proses pembelajaran, sehingga jika metode yang dipakai kurang sesuai dengan situasi pembelajaran, seorang guru harus merespon dengan cepat dan mengganti dengan metode yang lain.

 

Share this:


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


Maaf, Anda tidak dapat mengirimkan komentar. Silahkan login terlebih dahulu atau jika Anda belum menjadi Member silahkan daftar.

Please wait...